Definisi Cinta Ala Pendaki Gagah Jelita

Let me ask you why do we need love anyway, if in the end it's all about feeding, breeding, protecting. instinctively. naturally. (tigapagi)

Setelah sekian lama, akhirnya saya bisa berdamai dengan diri saya sendiri tentang luka-luka yang menolak saya obati. Kelegaan luar biasa kemudian membanjiri membuat saya kemudian bertanya, Setelah semua ini apa sesungguhnya cinta?

Jika Bodhi berjalan tanpa henti mencari kesejatian, apa tujuannya hidup, saya mengawali perjalanan baru ini dengan mempertanyakan "apa itu cinta?"

Pertanyaan ini kemudian saya berikan kepada keluarga baru saya, Keluarga Pendaki Gagah Jelita yang seprapat dan inilah jawab-jawaban mereka.

Fransiskus "Icus" yang baru saja patah hati dan memilih untuk mencintai dedek gemeush alam menjawab dengan puisi-puisi ini,

alam itu memberikanku apa itu cinta ketika kabut tipis membelai jiwa dan ketika dingin merasuk ke jiwa,
membuat badan seperti melayang jauh
dan ketika kabut melenyapkan ku diantara pohon-pohon rindang merupakan saat yang paling kusuka.
ketika mentari mulai lelah dan kembali ke batas senja, dan malam sunyi datang, temeram lampu kota terlihat dari pucuk yang kugapai melalui jalan setapak terjal

dik Icus pasti sedang menceritakan pengalamannya mendaki saat kabut turun dan ia bisa sepenuhnya menghilang dalam pekatnya dan berharap kenangan akan mantan bisa terhapus.

Bang Fian Irama, sang Pecinta Bang Haji dan sambel pete menjawab dengan :
Cinta itu sederhana, seperti sendok dan garpu atau guling dan bantal yang selalu bersama, jika salah satunya tidak ada maka akan terasa tidak lengkap.
Note : kecuali sedang makan di RM. Padang, sendok dan garpu tidak berlaku. Karena tentu saja lebih enak pake tangan.

Cipan, menyatakan bahwa seperuh hidupnya adalah untuk taekwondo. Maklum mantan atlit.

Eka sang Farmasis yang protes ketika mba Lina beli salbutamol tanpa resep menyatakan bahwa cinta adalah sebuah kata yang tersusun dari lima huruf yang mampu menghadirkan jutaan rasa.

Mamak Sapta menjawab tegas, cinta itu Ngapusi. Well, tidak sepenuhnya salah :)

Kakak Netnot baru saja menjawab bahwa cinta itu kotak pandora tanpa penjelasan apa-apa. 

Well, kita tahu bahwa dalam mitologi Yunani Pandora adalah wanita pertama yang diciptakan. Kotak Pandora adalah hadiah yang diberikan dari para dewa dewi untuk Pandora pada hari pernikahannya dengan Epimetheus, namun ia dilarang untuk membukanya. Karena penasaran pada akhirnya Pandora membuka kotak itu dan melepaskan segala sesuatu yang mengerikan ke dunia yaitu Masa tua, rasa sakit, kegilaan, wabah penyakit, keserakahan, pencurian, dusta, cemburu, kelaparan, dan berbagai malapetaka lainnya telah bebas. Semua keburukan itu menyebar ke seluruh dunia dan menjangkiti umat manusia. Pandora sangat terkejut dan menyesal atas apa yang telah dilakukannya. Dia kemudian melihat ke dalam kotak dan menyadari bahwa ternyata masih ada satu hal lagi yang tersisa di sana, yaitu harapan.

Mungkin, cinta adalah sebuah kotak yang berisi berbagai kejutan. Mulai dari rasa cemburu hingga harapan.

Dedek Enur menjawab, cinta tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata, hanya bisa dirasa. Okelah Nur... Oke.

Dan Ndari, si Ikhong pecinta Loovy menjawab, ah cinta bikin pusing. Kemudian saya ragu, ini ditulis nggak ya? hahaha.. dan ditulislaaahh..

Selanjutnya saya sudah tidak mampu lagi pertahankan situasi kondusif untuk membicarakan cinta. Percakapan berkembang liar dan meme bertebaran di mana-mana. 

Saya pada akhirnya tetap tidak bisa mendefinisikan apa itu cinta, karena bagi saya cinta selalu datang dengan definisnya sendiri. Ia sering kali menyaru menjadi hangat yang menentramkam, debar yang nyata, dan perasaan pulang di manapun kita berada. 

Ia ada dan nyata. 
Suka tak suka.

Comments

ndarikhaa.com said…
Yg bner Luffy ka Lalak.. M.D Luffy >>> M nya dari kata Muhammad ...ahaah..

Dan sekarang gw punya definisi CINTA : cinta itu ikhlas memberi tanpa pamrih terhadap orang terkasih, karena cinta tak pernah salah...dan yang pasti CINTA itu SALING MENGUATKAN untk slalu bersama,seirama, dan se iya sekata utk bahagia dan harmonis selalu..

#bukan cuma utk cinta lawan jenis loh, tapi cinta pd keluarga dan emak bPKe

This words I get after joining Kubbu, dmana banyak pujangga dan gw bnyk blajar dr mreka merangkai kata sederhana menjadi lbh terdengar familiar...

Popular posts from this blog

Pendakian Raung 3344 mdpl Via Kalibaru

Review : Melawat Ke Timur : Menyusuri Semenanjung Raja-raja

Bukan Pasar Malam, Bukan Kejutan Biasa