Barokah

Jadi ceritanya beberapa waktu yang lalu saya ditawari untuk jadi Apoteker Pendamping di sebuah calon Rumah sakit di sini lah. Dari kantor, membolehkan dengan syarat saya nggak perlu hadir di RS tersebut. Paling satu atau dua kali seminggu, pihak RS tidak keberatan walo saya nanti masuk daftar karyawan, tapi nanti bisa dikasih dispensasi. Yang penting ijazah dan STRA segera masuk untuk persyaratan. Gajinya nggak banyak sih, tapi mayan lah buat beli-beli buku sampe bosen.

Kemudian ketika saya cerita ke orang tua lewat telpon, awalnya mereka iya-iya aja. Yang penting kantor kasih ijin. Eh begitu saya pulang, Bapak tanya, “nanti kamu gimana bagi waktunya? Kalo Cuma ijazah sama STRA aja yang disetor, bapak nggak setuju ah. Itu makan gaji buta. Nggak berkah”. Emak nggak beda jauh pendapatnya. Dan kalo saya mau kerja full di dua tempat, mama takut saya nggak punya waktu buat......................................... cari jodoh.

Yahbegitulah.

Saya sih mikirnya..................... kapan pikniknya. Ahahhahahaha.

Kapan saya baca buku sama naik gunungnya coba kalo pagi sampe siang kerja di kantor, kemudian sore sampe malam harus di RS baru itu. Kapan nongkrong dan nonton sama mas itu coba? #lah

Pendapat orang tua saya jelas, kerja full atau tidak sama sekali. Nggak berkah ambil gaji dari tempat yang kita nggak ada kontribusinya kecuali ijazah aja. Padahal saya udah bilang, kerja nggak full ya gaji nggak full. Tapi mereka tetep keukeuh. Akhirnya yaudahlah saya melepaskan kesempatan magabut itu. Ngeri kalo orang tua ngelarang kitanya tetep berangkat. Kalo suatu saat orang tua saya berubah pikiran, ataaaauuu nanti ketika restu yang saya cari udah pindah ke suami, mungkin saya bakal cari kerja magabut-magabut itu. Hahahhahaha. Kan nanti udah punya alasan buat tambah-tambah beli susu anak. Kalo sekarang buat beli buku doang motivasinya kurang, apalagi Cuma buat beli Ptzl. Kurang manfaat gitu #lah. Atau suatu saat nanti bisa punya kerja sambilan yang bisa full dan masih bisa di rumah dan piknik dan baca buku dan semuanya. #kemaruk

Gitulah orang tua saya mendidik saya. Dikit aja nggak papa, yang penting varokah bro.

Maka ketika suatu hari saya ketemu seorang temen yang CPNS-an bareng jam saya berangkat kerja doi masih santai-santai aja nganter anak, dan ketika saya tanya ternyata hari ini dia VOLOS sodar-sodara. Dan dengan santainya cerita males kerja, capek, kadang seminggu nggak berangkat. Kadang dateng ke kantor langsung pulang, kerja ngadepin pasien sambil pake earphone, Cuma mau ttd blanko visit kalo ada duitnya, jarang masuk tapi nuntut kapitasi full...... saya ngerasa marah!

Asli jengkel. 
Saking jengkelnya saya sampe dua atau tiga kali bahas masalah ini digrup temen-temen inner circle saya. Sama para ibu pweri itu saya Cuma ditanya, “kena ati banget Lak? Biasa kalo ***** di daerah atas kerjanya emang gitu.” Dan saya sih masih belum berhenti kesel. Apalagi denger dari temen yang satu tempat kerja yah gitudeh kelakuan di kantornya. Magabut at it best jare.

Saya nggak mau munafik. Siapa sih yang nggak seneng kerja minimal hasil maksimal?? Tapi apa itu baik? Di mana kebanggaan kita? Sayang banget profesinya jadi nggak manfaat.
Padahal sebaik-baiknya orang kan orang yang bermanfaat buat orang lain, buat keluarga.

Kadang kalo udah nulis gini saya juga nanya diri sendiri, kerja udah bener?? Kadang masih suka kesel kalo ada pasien yang rewel, kadang suka galak, suka baca blog pas udah bosen nginput resep. Yaaaa emang kerja kadang malesin. Tapi saya nggak pernah sengaja bolos. 

Temen naik gunung saya paham persis ini. Bahkan ketika ada rencana naik gunung, saya akan masuk dulu setengah hari. Bukan sok rajin apa gimana. Rasanya nggak tenang aja ninggal kantor. Padahal juga senen saya udah ngantor lagi.

Saya menyelesaikan semua tanggung jawab saya, yg sesuai tupoksi dan tugas tambahan. Terus inget nasehat orang tua, makanya bangga ketika lolos PNS nggak pake nyogok. Karena uang yang didapat dari kerja ini nanti dipake buat makan, makanan jadi daging dan darah, kalo dapetnya dengan cara yang nggak baik takutnya semuanya jadi nggak baik.

Yakali kita idup di sini doang. Masih ada akhirat noh..

Saya bukan orang yang bersih dari kelakuan magabut, seperti saat ini, nulis postingan blog di jam kerja. Iya. Saya kerja sampe sabtu. Tapi LPLPO sudah selese loh. Jadi ya kalo mau magabut itu tau diri, dan jangan gitu-gitu amat sih. Kzl.

Dan ketika saya kzl lagi karena dengan kelakuan dia yang begitu tapi kapitasinya tiga kali lipat dari saya, saya baca lagi postingan ini.

Semoga yaaah... rizki kita seberapapun itu berkah. Syukur-syukur banyak dan berkah dan bermanfaat. Aamiin.



Comments

Popular posts from this blog

Pendakian Raung 3344 mdpl Via Kalibaru

Review : Melawat Ke Timur : Menyusuri Semenanjung Raja-raja

Bukan Pasar Malam, Bukan Kejutan Biasa